Mail: gpmb_2001@yahoo.co.id



Watak Kelahiran Berdasar Primbon

JIKA di Bali ada petunjuk meramal watak dasar manusia menurut kelahirannya lewat ilmu Tenung Wariga, di Jawa ada cara lewat pantauan Primbon. Sebagaimana dimuat dalam situs www.primbon.com, watak dasar manusia sedapat mungkin bisa terbaca lewat medium Primbon. Berikut petikan sejumlah informasi petunjuk watak kelahiran manusia ditinjau dari hari kelahirannya.

Senin -- Tidak pelit, ikhlas dalam memberi, tidak bisa menyimpan uang, senang membela kebenaran, mudah tersinggung dan tidak pandai bicara.
Selasa -- Mudah terpengaruh, tidak punya pendirian tetap, gampang naik darah, tidak sabaran dan selalu mau menang sendiri.
Rabu -- Pendiam, namun kalau sudah bicara tidak terduga. Tak suka mencampuri urusan orang lain, baik hati, suka menolong dan banyak rezeki.
Kamis -- Pendiriannya tidak tetap, suka dipuji, mudah emosi, mudah terbujuk rayuan halus dan tidak sabaran.
Jumat -- Disukai orang banyak, kuat mental, suka menolong, suka memberi nasihat yang baik dan suka mempelajari ilmu pengetahuan.
Sabtu -- Giat bekerja, rajin, pandai mencari rezeki, ditakuti orang banyak, pandai menempatkan diri dan bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik.
Minggu -- Pandai bergaul, disukai orang banyak, berjiwa besar, suka merendah, pandai berbicara dan dapat mengatasi masalah yang dihadapinya dengan baik.

***

Minggu Legi/Umanis -- Bertipe tegas, pendiam, murah senyum, berwatak cerdik, terkadang licik, pandai mengorek rahasia, suka mencampuri urusan orang lain.
Senin Pahing -- Perasa, jujur, beriba, dan bercita-cita tinggi, pekerja giat, dan berperasaan sensitif.
Selasa Pon -- Suka kemewahan, sedikit boros, setia, murah hati kepada orang lain, dan cemburuan.
Rabu Wage -- Baik hati dan ramah, meski terkadang kata-katanya agak keras, dan mudah bergaul.
Kamis Kliwon -- Punya rencana atau cita-cita besar dalam hidup, tak mudah menyerah, suka jadi pemimpin.
Jumat Legi/Umanis -- Bersifat jujur, teguh pendirian, terkadang agak sulit menerima orang lain apa adanya. Dapat bertindak ekstrem jika sedang naik darah. Setia dan murah hati pada orang-orang yang dicintainya.
Sabtu Pahing -- Cenderung bersifat lekas naik darah. Punya semangat hidup tinggi, terkadang ceroboh, dan bersikap waspada menyangkut materi. Selalu siap membantu teman yang sedang menderita.
Minggu Pon -- Bertipe sensitif, terkesan tertutup. Berbakat jadi diplomat yang piawai. Berkesempatan untuk memamerkan kelebihan, entah dari segi material ataupun intelektual.
Senin Wage -- Suka merencanakan dan menimbang pilihan dengan hati-hati, jauh sebelum mengambil tindakan. Jujur dan suka mendengarkan permasalahan orang lain. Tenang dan mampu tampil meyakinkan di depan masyarakat.
Selasa Kliwon -- Bersifat ramah, namun berpendirian keras. Dapat bersikap sangat kritis terhadap orang lain pada saat-saat tertentu.
Rabu Legi/Umanis -- Hormati pada tata krama dan membenci ketidakadilan. Setia pada teman, dikagumi banyak orang karena kata-katanya bijaksana.
Kamis Pahing -- Punya cita-cita besar, sangat peduli keluarga dan selalu siap membantu saudara yang membutuhkan perlindungan. Karena cara penyampaiannya, kata-katanya sering membuat orang lain merasa tak dihargai.
Jumat Pon -- Berpembawaan tenang, serius dan bijaksana dalam berbicara. Berjiwa sosial, murni dan jujur serta mudah bersimpati terhadap mereka yang tertindas.
Sabtu Wage -- Teguh pada pendirian dan sangat mudah naik darah. Bersifat agak cemburuan, tapi setia dan murah hati, dan sangat menghargai barang-barang berkualitas tinggi.
Minggu Kliwon -- Pendiam, berpendirian tegas dan kemauan keras. Cukup sensitif, pandai bersosialisasi, pandai berbicara, dan berbakat di bidang politik.
Senin Legi -- Suka berkeliling, suka berdebat, murah hati, punya kepribadian yang cemerlang.
Selasa Pahing -- Bersifat santai dan menerima orang lain apa adanya. Terampil, suka menolong, dan mau berkorban banyak bagi orang yang disayangi. Punya sedikit sifat pendendam.
Rabu Pon -- Penuh keberuntungan dan tak mudah putus asa. Punya beberapa keterampilan sosial dan mudah bergaul, tapi suka pamer.
Kamis Wage -- Punya cita-cita tinggi dan pandai. Cukup mempesona orang lain dengan sopan-santunnya dan cenderung tampil baik dalam pergaulan.
Jumat Kliwon -- Sabar dan murah hati dan berkemampuan jadi pemimpin yang baik. Tak pernah kekurangan teman.
Sabtu Legi/Umanis -- Gemar hidup santai dan mewah. Suka berada di sekitar orang-orang baik yang ber-IQ tinggi. Omongannya terkadang tajam.
Minggu Pahing -- Berkepribadian kuat, berpikiran luas, dan cenderung ditanggapi dengan baik dalam lingkungan sosialnya, namun suka memendam perasaan.
Senin Pon -- Penuh kontradiksi, suka pamer, namun sebenarnya sangat perasa.
Selasa Wage -- Tak suka membesar-besarkan diri, pengalah, namun bersemangat baja dan punya ego sensitif yang sangat mudah terusik.
Rabu Kliwon -- Pemikir sejati, lembut, berotensi jadi orator atau penulis yang handal.
Kamis Legi/Umanis -- Bijaksana, berpandangan luas, selalu membutuhkan pujian, suka bergaul, dan cenderung suka mencampuri urusan orang lain.
Jumat Pahing -- Pembicara yang menyenangkan, jujur, namun sedikit boros.
Sabtu Pon -- Punya ego besar dan selalu ingin jadi penguasa di dalam lingkungannya, serta suka menikmati suasana yang mewah.
Minggu Wage -- Pemurah dan mudah menaruh iba, teguh dalam pendirian, kadang keras kepala.
Senin Kliwon -- Mengabdi pada orangtua, anak, kakak-adik, bahkan sering pula kerabat jauh. Suka berkorban, tapi mudah tersinggung.
Selasa Legi/Umanis -- Berkepribadian kuat dan tak mau mengalah, namun jujur dan suka bekerja keras.
Rabu Pahing -- Suka mempertimbangkan segala sesuatu sebelum melakukan suatu tindakan dan cenderung tak suka mencampuri urusan orang lain.
Kamis Pon -- Berpikiran yang cerdas, penuh rasa ingin tahu, dan suka mempelajari hal-hal baru yang dapat memperluas wawasan, tapi kurang suka bergaul.
Jumat Wage -- Sangat mengasihi dan mudah menaruh iba kepada sesama manusia, jujur, dan setia.
Sabtu Kliwon -- Ramah, sopan, mudah terkesan, dan berbakat alamiah dalam berbicara dan menulis.

ARTIKEL LEPAS »

PROFESI PUSTAKAWAN SEIRING KEMAJUAN TEKNOLOGI

 oleh: Priyo Sularso

Yang mendasari terbentuknya konsep dan prinsip ilmu pengetahuan alam, mengkaji pada gejala-gejala isi semesta alam, terutama muka bumi dengan prinsip dasar yang essensial. Ilmu..

Selengkapnya..

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia