Mail: gpmb_2001@yahoo.co.id



PUSTAKAWAN DITUNTUT MENYEDIAKAN BACAAN TEMATIS TENTANG INDONESIA

Jakarta Rabu, 11 April 2007 Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Minat Baca Deni Kurniadi, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pelatihan Retno Hermawati, diterima sekitar 1 jam oleh Menteri Negara  Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia, Mutia Farida Hatta yang didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Perempuan, Sri Danti di ruang kerja Menteri lantai 8 Gedung Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan Jl. Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

 

Ketua Umum GPMB, Suprihati melaporkan bahwa kegiatan Seminar Nasional GPMB  tahun 2007 yang akan berlangsung di Bukit Tinggi 15-16 Mei 2007, bertujuan melihat dari dekat Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, dengan harapan bisa meneladani Bung Hatta yang menjadi tokoh besar karena banyak membaca. Dalam kunjungan ini Ketua Umum GPMB mengundang Mutia Farida Hatta selaku Putri Proklamator Bung Hatta sekaligus juga Ketua Yayasan Bung Hatta untuk memberikan sambutan dalam seminar tersebut.

 

Dalam kesempatan ini Mutia berpesan untuk mencintai perpustakaan seperti mencintai museum, karena orang minang itu lebih dominan untuk berdagang tidak suka museum seperti halnya sanggar di Tanah Minang tidak ada. Pengrajin di Sumatera Barat sebagai kekayaan yang hidup merupakan aset kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan dan berkesinambungan.

 

Mutia mengatakan Pustakawan untuk membantu menggerakkan minat para pendidik (guru) untuk menulis tokoh-tokoh pendiri bangsa untuk diajarkan kepada para anak didiknya (murid-murid) supaya mereka mengenal para pendiri negara ini.

 

Yang tidak kalah penting untuk diketahui oleh rakyat Indonesia terutama untuk generasi penerus bangsa, bahwa kita punya Lumbung Energi Nasional seperti pertambangan, pertanian, kehutanan dan sumber daya alam yang melimpah. Apa yang di punyai negara lain kita punya semuanya.

 

Termasuk yang harus dibantu oleh para pustakawan yaitu untuk menyediakan bahan bacaan, tulisan-tulisan tematis seperti keunggulan kekayaan negara kita di bidang kelautan, pertambangan, nabati dan lain sebagainya. Juga kita punya sumber daya energi yang melimpah seperti angin, gelombang, matahari yang bisa didayagunakan untuk kesejahteraan bangsa. Kita harus bersyukur, anak-anak kita diajari bersyukur dengan alam Indonesia yang kaya ini.

 

Dalam penutup pertemuan Mutia memberitahu akan menerbitkan buku yang ditulisnya yang sebentar lagi akan terbit, disamping akan mencetak ulang buku memoar Bung Hatta.

BERITA VIDEO


Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia