Mail: gpmb_2001@yahoo.co.id



SEMINAR INTERNASIONAL PENGEMBANGAN MINAT BACA

LATAR BELAKANG

Potensi bangsa Indonesia sangat besar apabila ditinjau dari jumlah penduduknya yang terdiri dari berbagai suku yang memiliki beraneka ragam budaya yang perlu dikembangkan kebudayaannya. Namun demikian potensi yang begitu tinggi perlu diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dalam mendukung dan mensukseskan pembangunan nasional.

United Nation Development Program pada tahun 2003 melaporkan bahwa indek pembangunan manusia Indonesia menduduki peringkat ke 112 dari 175 negara. banyak faktor penyebab redahnya kualitas pendidikan masyarakat kita saat ini diantaranya karena dominannya budaya tutur atau budaya lisan di masyarakat kita daripada budaya baca, tidak meratanya penyebaran bahan bacaan sampai ke pelosok pelosok desa di tanah air, kurang berfungsi prasarana baca seperti perpustakaan, taman bacaan dan sejenisnya, kurangnya minat menulis karena rendahnya royalty dari penerbit, serta derasnya arus informasi melalui teknologi digital seperti TV yang secara perlahan menggeser informasi media kertas, sehingga semakin menjauhkan minat masyarakat untuk membaca.

Berbicara mengenai kebiasaan membaca atau minat baca tidak ada habisnya bahkan berulang-ulang dibahas dalam berbagai seminar di Indonesia dengan berbagai topik yang dibicarakan dari yang ilmiah sampai populer, beberapa upaya dilakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui Pencanangan Hari Aksara dan Kunjung Perpustakaan serta Bulan Gemar Membaca pada tanggal 14 September 1995, dilanjutkan dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca pada tanggal 25 Oktober 2001, kemudian Pencanangan Gerakan Membaca Nasional tanggal 12 November 2003, serta Pencanangan Pemberdayaan Perpustakaan di Masyarakat tanggal 17 Mei 2006. Walaupun upaya-upaya ini belum dapat menjadi solusi atas permaslahan yang ada, namun sudah memberikan dorongan besar pada usaha perbaikan dan peningkatan serta pengembangan minat dan kebiasaan membaca masyarakat Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GBMB) akan mengadakan "Seminar Internasional Pengembangan Minat Baca". Kegitan ini dimaksudkan untuk menghimpun masukan-masukan dari negara lain mengenai pengalamannya dalam mengatasi permasalahan peningkatan minat dan kebiasaan membaca masyarakat di negaranya masing-masing.

TUJUAN

1. Menghimpun masukan dan pertukaran informasi dari masyarakat internasional tentang kebijakan dan metoda serta pengalaman dalam meningkatkan minat dan kebiasaan membaca masyarakat.

2. Menjalin kerjasama dengan dunia internasional dalam upaya meningkatkan minat dan kebiasaan membaca masyarakat

TEMA

"Membaca Untuk Semua" (Reading For All)

SASARAN

Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah 200 orang peserta yang meliputi; para pustakawan/pengelola Perpustakaan Umum di Kabupaten/Kota, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Khusus, Badan/Kantor Perpustakaan dan Minat Baca dan Mitra Perpustakaan/LSM

PEMBICARA DAN TOPIK

1. Kepala Perpustakaan Nasional RI, Strategi Pengembangan Minat Baca Masyarakat;

2. Dr. Murti Bunanta (Praktisi Minat Baca), Minat Baca Dimulai Sejak Dini;

3. Rashidah Haji Bolhassan (Pustaka Negeri Sarawak) Malaysia, Peranan Perpustakaan Keluarga dalam Membangun Minat Baca;

4. Tantowi Yahya (Duta baca Indonesia), Peranan Duta Baca Indonesia dalam Pengembangan Minat Baca di Indonesia;

5. Belanda, Deposit Koleksi Buku Anak Dalam Meningkatkan Minat Baca;

6. Philipina, Peranan Pustakawan Yang Berkualitas Dalam Menunjang Peningkatan Minat Baca;

7. Singapura, Peranan Perbukuan Dalam Mendukung Peningkatan Minat baca;

8. Jepang, Kiat-kiat Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak-anak;

9. China, Pemberdayaan Perpustakaan Desa Dalam Pengembangan Minat Baca;

10. Rethy Laksamana Sukardi (Manca), Pengelolaan Kelompok Masyarakat Membaca Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat;

11. Golagong (Rumah Dunia), Prakarsa Individu Dalam Merintis Rumah Dunia dan Manfaatnya Bagi Masyarakat.

TEMPAT DAN WAKTU

Seminar Internasional Pengembangan Minat Baca akan diselenggarakan di Aston Atrium Senen Hotel Jl. Senen Raya No. 135 Jakarta, pada tanggal 3 s/d 5 Agustus 2006.

BIAYA

Kontribusi Peserta Seminar Internasional Pengembangan Minat Baca tahun 2006 sebesar Rp. 400.000,- (Empat ratus ribu rupiah) per orang untuk pengeluaran seminar meliputi: konsumsi, seminar kit, dan piagam.

catatan:

Biaya akomodasi peserta di Hotel Aston ditanggung Perpustakaan Nasional RI, sedangkan biaya transportasi peserta dari tempat asal ke Jakarta ditanggung oleh peserta.

PENDAFTARAN PESERTA

1. Pendaftaran Peserta dimulai tanggal 1 Juli s/d 17 Juli 2006.

2. Tempat Pendaftaran

    Sekretariat: Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat, Telp. (021) 3448813

    Pes. 219, Fax. (021) 3448812, 34830019, e-mail: nosirfa@yahoo.com  

    1) Dra. Nani Suryani HP. 08159869705 , 2) Dra. Sri Lestari HP. 08159466154 ,

    3) Kristian Tiwi HP. 081318696015


Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia